Thursday, November 15, 2012

Heboh dan Meriahnya Pawai Tahun Baru Islam 1434 H di Lingkungan Gapuk Dasan Agung Mataram


Tahun baru Islam 1434 H kali ini benar-benar terasa “adem ayem”, tidak ada kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah  maupun masyarakat kota Mataram dalam menyambut datangnya tahun baru Islam kali ini. Bandingkan bila datangnya tahun baru Masehi,  segenap masyarakat dan pemerintah  menyibukkan diri membuat agenda masing-masing demi meramaikan datangnya tahun baru Masehi.


Tragis memang  terasa! Sudah jelas kalau tahun baru Islam itu hanya milik kaum muslim semata tapi kenapa pemerintah Kota Mataram diam seribu bahasa tidak mengadakan kegiatan yang bernafaskankeislaman? Walloohu  a’lam

Berbeda dengan sikap pemerintah dan Masyarakat Kota Mataram pada umumnya, masyarakat Lingkungan Gapuk yang di motori oleh para santriwan/wati Pesantren An Najah berani tampil beda…. Mereka tidak tinggal diam sambil melamun, berbagai macam agenda kegiatan dilakukannya, diantaranya: lomba Tahfidzul Qur’an tingkat SD dan SMP dari tanggal 9-11 November, pengajian Remaja dengan pembicar Ust.  Malik(anggota dewan Kota Mataram) tanggal 13 November, Pengajian dan Do’a akhir dan awal tahun tanggal 14 November dan puncaknya Pawai tahun baru Islam tanggal 15 November 2012(sore tadi).

Pada pawai tahun baru Islam sore tadi, tampak para santriwan/wati, Ustadz/ustadzah, Wali Santri dan masyarakat Gapuk yang peduli terhadap syiar Islam ikut serta mengambil bagian dalam memeriahkan pawai tahun baru tersebut. Tidak ketinggalan SDN 18 Mataram dengan Marching Bandnya ikut berpartisipasi memeriahkan pawai  tadi.

Ramainya masyarakat Dasan Agung yang menonton di pinggir jalan semakin menambah semangat para santriwan/wati, Ustadz/ah dan wali Santri dalam mengikuti jalannya pawai ta’aruf. Tampak masyarakat yang menonton berdesakan di pinggir jalan mulai dari Start di depan Masjid At Takrim Gapuk kemudian menuju jalan Langko belok kiri melewati Jebak Beleq kemudian menuju perempatan Dasan Agung dan belok kiri lagi sampai ke finish di depan Pesantren An Najah.

Keberhasilan kegiatan pawai Ta’aruf ini tidak terlepas dari kompaknya pantia peringatan Tahun Baru ini yang  terdiri dari Khaerul Anam(ketua), Multazam(sekretaris), Novi (bendahara) serta pengurus yang lainnya. Adapun masalah dana berasal dari para donator, wali santri,para senior dan alumni.

Semoga kegiatan pawai Ta’aruf tahun ini bukanlah yang pertama dan terakhir, dan semoga dengan kegitan ini bisa memotivasi pihak pemerintak Kota Mataram wabil khusus wali kota Mataram agar pada tahun depan bisa mengadakan kembali pawai Ta’aruf tingkat Kota Mataram. Aamiin. Foto pawai TA'aruf bisa di lihat pada  Klik Disini  (Alfuad Gapuki)

No comments:

Post a Comment