Sunday, February 19, 2012

PAWAI KHOTAMAN AL QUR’AN MEMPERINGATAN MULUD NABI DI LING. GAPUK

Setiap memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, lingkungan Gapuk sungguh berbeda dari lingkungan lainnya yang ada di kelurahan Dasan Agung. Perbedaannya dalam hal yang baik dan patut di acungi jempol adalah adanya acara pawai khotaman Al Qur’an yang di lakukan oleh adik-adik yang telah mengkhatamkan Al Qur’an dan di dampingi oleh orang tua masing-masing maupun oleh kerabat dan panitia Maulid Nabi Muhammad SAW.


Sebelum melakukan pawai khataman Al Qur’an, terlebih dahulu di lakukan pelatihan selama dua hari di masjid untuk menyamakan bacaan Al Qur’an dan mengecek tajwid dari anak-anak tersebut agar pada saat Khataman nanti di depan para tamu undangan yang berasal dari luar lingkungan agar tidak mengalami kesalahan dan membuat malu.

Setelah melalui pelatihan tersebut barulah di lakukan pawai Khataman Al Qur’an. Pawai khataman ini biasanya dilakukan H-1 sebelum acara Muludan di masjid di selenggarakan. Adapun rute dari pawai khataman ini mengelilingi lingkungan Gapuk yang start dan finishnya di lakukan di Masjid At Takrim Gapuk.

Untuk khataman kali ini di ikuti oleh 50 orang peserta yang berusia antara 7 – 11 tahun yang terdiri dari cewek dan cowok. Jarang sekali di temukan ada anak yang khotam Al Qur’an di atas usia 11 tahun karena budaya yang melekat di masyarakat Gapuk sungguh sangat memalukan bila sampai khataman Al Qur’an di atas usia 11 tahun. Dan budaya seperti itu tetap tertanam pada diri anak-anak Gapuk hingga sekarang. Namun budaya yang bagus itu Cuma betahan pada usaha anak untuk menghatam Al Qur’an aja dan setelah Khatam biasanya anak-anak ini kebanyakan menjadi malas mengaji kembali, akibatnya anak-anak yang sudah khatam Al Qur’an ini mudah sekali di pengaruhi oleh budaya syetan yang berupa mabuk-mabukan di saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini.(tunggu postingan berikutnya tentang http://darulhikmahgapuki.blogspot.com/2012/02/mabuk-mabukan-mengiringi-maulid-di.html. (AlFuad Gapuki)

foto dukumentasinya bisa dilihat di http://papuqfotografi.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment