Saturday, August 25, 2012

Gladi Resik Lebaran Topat Lek Batu Layar


Sudah menjadi tradisi di sebagian wilayah nusantara bila enam hari setelah merayakan lebaran Idul Fitri biasanya akan di adakan lagi acara lebaran yang diberi nama dengan lebaran ketupat/topat. Demikian halnya dengan masyarakat yang ada di pulau lombok, mereka juga merayakan lebaran topat dengan sangat meriah.


Lebaran topat ini sebenarnya acara yang di khususkan buat orang yang telah melakukan puasa syawal selama 6 hari namun dengan seiringnya perjalanan waktu maka lebaran topat ini menjadi milik masyarakat baik yang ikut puasa maupun yang tidak puasa sama sekali.

Dan untuk masyarakat kota Mataram dan Lombok Barat biasanya di pusatkan di sekitar Makam Batu Layar. Masyarkat yang datang ke Makam Batu Layar untuk berjiarah bukan hanya dari masyarkat sekitar mataram dan Lombok Barat saja tapi masyarakat dari Lombok Utara, Lombok  Tengah dan Lombok Timur.

Begitu banyaknya masyarakat yang datang berziarah tidak di sia-siakan oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat yang lain dengan membuat lapak jualan dadakan di sekitar lokasi Makam Batu Layar.

Untuk dapat berjualan di sekitar lokasi Makam Batu Layar atau  tepatnya di bawah Makam Batu Layar, masyarakat yang berjualan harus mengeluarkan uang sewa tanah yang tergantung besar kecilnya warung dan lokasi yang di tempatinya. Sejak hari Senin(20/08/2012) sudah ada para calon pedagang untuk membuat lapak untuk berjualan dan pada hari sabtu akan mulai di adakan gladi resik(acara persiapan) yang di lakukan para pedagang untuk menyambut masyarakat yang datang berziarah sekaligus refreshing/santai.

Menurut penuturun seorang pemuda Batu Layar, harga sewa tanah untuk berjualan selama 3 hari(sabtu – Ahad) ada yang 100 ribu kalau di tempat yang berpasir, 200 ribu dengan ukuran sedang kalau tempatnya di tanah dan 500 ribu dengan ukuran besar(2 ruangan) kalau tempatnya di tanah.

Bagaimana dengan keuntungan yang di dapat? Para pedagang dapat menghasil untung sekitar puluhan juta rupiah selama tiga hari tersebut. Jangan tanya harga barang yang di jual di sana, semua barang yang di jual naik 2 kali lipat dari harga semula. Sehingga wajar bila mendapatkan untung yang besar. Harga segelas kopi susu aja di jual dengan harga Rp. 3.000,- apalagi harga barang yang lainnya?.

Kalau ada kesempatan di hari libur besok tepatnya hari Ahad(26/08/2012) tidak ada salahnya berkunjung ke Makam Batu Layar sekaligus melihat keramaian yang hanya ada sekali setahun ini. (Alfuad Gapuki)

No comments:

Post a Comment