Saturday, August 18, 2012

PESTA KEMBANG API DADAKAN ALA DASAN AGUNG


Untuk memeriahkan datangnya malam tahun baru biasanya pada saat waktu menunjukkan pukul 00.00 di adakan pesta kembang api namun di Dasan Agung khususnya pada Lingkungan Gapuk ada acara pesta kembang api spontanitas yang di lakukan setiap malam terakhir bulan Ramadhan(terakhir makan sahur).


Acara pesta kembang api spontanitas ini di lakukan oleh para penjual kembang api dadakan selama bulan Ramadhan yang berasal dari Lingkungan Gapuk. Barang dagangan mereka yang sudah tidal laku lagi di jual mereka pakae untuk kegiatan pesta kembang api dan mesti di habiskan pada malam terakhir pas waktu makan sahur dan ini sudah menjadi acara rutinitas di Lingkungan Gapuk sendiri.

Orang mungkin berpikiran itu pemborosan sekali karena membuang-buang uang tapi bagi para penjual kembang api dadakan selama bulan Ramadhan ini justru mereka merasa tidak pemborosan karena kembang api yang mereka pakai untuk pesta kembang api tersebut adalah barang dagangan yang sudah tidak laku di jual pada bulan Ramadhan ini dan keuntungan yang mereka peroleh selama berjualan bisa mencapai jutaan rupiah.

Keuntungan yang besar tersebut membuat sebagian para pemuda yang semula berjualan martabak dan terang bulan pada bulan yang lain akan beralih menjadi penjual kembang api. Dengan modal satu juta untuk membeli kembang api mereka bisa mendapatkan untung kurang lebih 15 juta sebulan.

Waktu berjualan kembang api saja Cuma dari pukul 17.00 sampai 22.00 (5 jam) bandingkan dengan berjualan martabak dan terang bulan, disamping berjualan dari jam 17.00 sampai 24.00 mereka juga mesti menyiapkan barang dagangan sejak pagi hari sampai waktu berangkat jualan. Jadi wajar para penjual martabak dari Lingkungan Gapuk beralih sementara selama bulan Ramadhan menjadi penjual kembang api. (Alfuad Gapuki)

No comments:

Post a Comment